Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Tentang Pengertian Iklan, Tujuan, Jenis, Unsur, Struktur, Pola, Langkah-Langkah, Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Pengertian Iklan

Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, produk jadi, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat. Manajemen pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.

Sejarah periklanan

Iklan tulis mulai dikenal sejak zaman Yunani kuno. Ketika itu, iklan berisi mengenai Perbudakan yang melarikan diri dari tuannya atau mengenai penyelenggaraan pertandingan Gladiator, pada masa ini iklan hanyalah berupa surat edaran. Beberapa waktu kemudian barulah muncul metode periklanan yang ditulis dengan tangan dan dengan kertas yang lebih besar di Inggris. Iklan pertama yang dicetak di Inggris ditemukan pada Imperial Intelligencer Maret 1648. Sampai tahun 1850-an, di Eropa iklan belum sepenuhnya dimuat di . Kebanyakan masih berupa pamflet, leaflet, dan brosur. Iklan pertama muncul dalam majalah tahun 1864.

Iklan di Indonesia pertama kali diperkenalkan di nusantara oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda periode 1619 - 1629 Jan Pieterszoon Coen. J.P. Coen juga adalah penerbit Bataviasche Nouvelle, pertama di Indonesia yang terbit tahun 1744, satu abad setelah J.P. Coen meninggal

Tujuan adanya iklan 

Untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada orang lain.

Untuk memudahkan orang lain dalam mencari barang atau jasa yang sedang dibutuhkan.

Untuk mempercepat proses penjualan barang atau jasa.

Sebagai media promosi barang yang paling efektif.

 Jenis-jenis iklan

Iklan pemberitahuan

Iklan pemberitahuan merupakan jenis iklan yang isinya memberitahukan kepada orang lain tentang hal-hal yang penting. Contoh iklan tentang pemberitahuan pernikahan, iklan tentang peresmian tempat, gedung atau yang lain sejenisnya.

Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang berisi tentang program-program kegiatan pemerintah. Contohnya seperti iklan program pemerintah pencegahan penyakit polio, program gerakan hidup sehat, program kelestarian lingkungan dan lain-lain.

Iklan penawaran

Iklan penawaran merupakan jenis iklan yang berisi tentang penawaran barang dan jasa.

Unsur pembentuk iklan

Unsur pembentuk iklan meliputi:

  1. Sumber iklan adalah dari pemasang iklan yang menanggung keseluruhan dana.
  2. Pesan merupakan isi dari kalimat yang akan di sampaikan  kepada orang lain.
  3. Media merupakan sarana yang akan digunakan baik, media cetak maupun media elektronik.
  4. Penerima merupakan bagian dari penerima yang menjadi sasaran objek dari barang yang akan di tawarkan.
  5. Efek adalah bagian dari sifat perubahan yang dialami oleh penerima.
  6. Umpan balik merupakan reaksi yang akan di hendaki penerima.

Dalam iklan media cetak, iklan dibedakan menjadi  beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

Iklan baris

Merupakan sebuah iklan dari media cetak (koran) yang penulisan kalimatnya di singkat dan membentuk baris-baris.

Iklan kolom

Merupakan iklan yang di buat dengan bentuk kolom-kolom.

Iklan advertorial

Merupakan sebuah iklan yang penyajiannya di buat seperti bentuk berita.

Iklan display

Merupakan iklan yang bentuk kolom, namun ukurannya lebih besar lagi.

Slogan

Slogan merupakan perkataan atau kalimat pendek yang singkat dan mudah di ingat. Isi pesan dari kalimat slogan hampir sama dengan iklan teks iklan yang sama-sama bertujuan untuk membujuk kepada orang lain.

Syarat slogan

  1. Kalimat slogan harus singkat
  2. Memiliki pesan dan tujuan yang tersirat
  3. Pilihan data yang indah mengandung visi dan harapan
  4. Objektif dan menarik

Penyajian slogan

Teks slogan selalu menyajikan kalimat yang ringkas dan padat. Namun ada juga slogan yang menggabungkan antar kalimat dengan perpaduan gambar. Kalimatnya yang menarik, mencolok dan mudah di ingat oleh publik.

Poster

Poster merupakan media informasi yang berbentuk plakat yang terdiri atas tulisan dan gambar.  Poster merupakan bagian dari iklan yang di sajikan dalam bentuk yang lebih bebas. Ada poster yang berisi gambar, simbol, dan angka yang disertai dengan penggabungan foto guna memperindah tampilan poster. 

Syarat dalam membuat poster antara lain:

  1. Terdapat kalimat yang singkat dan efektif sesuai dengan tema pada gambar.
  2. Bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
  3. Menarik perhatian.
  4. Unsur iklan slogan dan poster
  5. Iklan memiliki gambar, kata, gerak, suara  dan video
  6. Slogan meliputi kata atau kalimat yang menarik dan terdapat suara
  7. Poster terdapat unsur gambar dan gerak
  8. Pola penyajian teks iklan, slogan dan poster.

Untuk yang pertama adalah tentang penyajian iklan yang perlu di perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat judul yang menarik, mewakili isi dan pesan yang akan disampaikan.
  2. Membuat kalimat pembuka pada iklan yang efektif sesuai dengan tema.
  3. Berisi kalimat persuasif atau ajakan agar orang lain tertarik.
  4. Terdapat isi tentang keunggulan atau kelebihan produk maupun jasa yang akan tawarkan.
  5. Menentukan tempat atau lokasi pemasangan iklan, baik melalui media cetak maupun media elektronik.
  6. Membuat rencana kelanjutan tentang program keinginan yang dicapai setelah memasang iklan.
  7. Memperbaiki iklan-iklan yang penulisannya salah atau pengeditan.

 

Adapun struktur teks iklan, slogan dan poster adalah sebagai berikut:

  • Judul

Bagian judul adalah bagian yang sangat penting. Setiap iklan, slogan dan poster tentu memiliki judul yang menarik. Namun ada juga iklan yang tidak mencantumkan judul di dalamnya.

  • Nama produk barang atau jasa

Pada bagian ini berisi tentang produk barang atau jasa yang akan di tawarkan.

  •  Deskripsi

Bagian yang berisi penjelasan tentang produk dan jasa yang akan ditawarkan kepada orang lain atau khalayak ramai.

  1. Kaidah kebahasaan teks iklan, slogan dan poster
  2. Menggunakan kalimat ajakan atau persuasif
  3. Menggunakan sudut pandang orang sebagai subjek
  4. Menggunakan kata hubung atau konjungsi
  5. Menggunakan kalimat yang mudah dimengerti

Langkah-langkah menulis iklan, slogan dan poster

Iklan, slogan dan poster jika dibuat dengan desain tampilan bagus, maka orang lain pasti akan tertarik. Sesuai dengan tujuan dari iklan, slogan dan poster akan membuat orang lain khalayak ramai akan mengikuti apa yang kita inginkan sebagai pemasang iklan. Untuk itu, langkah-langkah dalam membuat iklan, slogan dan poster yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Membuat tampilan ikan yang menarik
  2. Mencantumkan gambar atau foto pada tulisan sebagai bentuk desain grafis.
  3. Antara gambar dan tulisan usahakan sesuai dengan tema
  4. Menjelaskan tentang harga barang atau jasa sebagai bentuk penawaran
  5. Menunjukkan bukti dan mengajukan harga awal

 

Post a Comment for "Materi Tentang Pengertian Iklan, Tujuan, Jenis, Unsur, Struktur, Pola, Langkah-Langkah, Kaidah Kebahasaan Teks Iklan"